Arsitektur Komputer 32-bit dan 64-bit

             Perbedaan 32-bit dan 64-bit ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar, sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit.

Perbedaan paling signifikan antara sistem operasi 32-bit adalah bahwa Anda tidak dapat menggunakan lebih dari 4 Gb RAM, jika Anda mengatakan persis, hanya 3.5 Gb 4. Jadi, jika Anda memiliki tidak lebih dari 4 Gb RAM, terbaik untuk menaruh Windows 32-bit, sistem operasi 64-bit menggunakan secara signifikan lebih banyak memori, karena variabel sekarang 32- dan 64-bit.

Tetapi jika Anda memiliki kebutuhan dan keinginan untuk meletakkan pada komputer Anda lebih dari 4 Gb memori, 64-bit sistem operasi dapat bekerja dengan sejumlah besar memori, 192 GB untuk Windows 7. Jika Anda, mengatakan, ingin menginstal 8 GB memori, diperlukan untuk pindah ke sistem 64-bit, jika Anda hanya tidak akan dapat menggunakan jumlah yang besar. sistem operasi 64-bit bekerja lebih cepat saat menjalankan beberapa program dan sering beralih di antara mereka.

Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Software untuk komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi seperti Windows, memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Microsoft memproduksi Windows XP dan Vista edisi 32-bit dan 64-bit dan melakukan hal yang sama pada Windows 7.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.

Untuk dapat menginstall Windows versi 64-bit atau 32-bit, maka harus menyesuaikan spesifikasi laptop. Jika laptop sanggup menjalankan versi 64-bit maka tidak masalah untuk menginstall versi tersebut. Namun jika tidak, maka pakailah versi 32-bit.

Lalu Laptop/PC dengan spesifikasi apa yang support dengan OS 64 bit ???

Nahhh….Berikut ini saya perlihatkan Spesifikasi laptop yang saya gunakan:

Untitled


1.Perhatikan tanda panah !!

Jika spesifikasi PC/laptop sama dengan yang tampak seperti di atas maka Laptop (RAM/Prosesor/ 64 bit capability=yes) bisa atau support dengan os 64 bit. Apabila sudah menggunakan os 64 bit maka (64 bit capable) tidak akan terlihat/muncul.

2.Perhatikan lingkaran merah !!

Spesifikasi tidaklah harus sama dengan yang saya punya, apabila lebih tinggi maka itu lebih bagus yang terpenting adalah prosesornya harus support dan bisa menjalankan program 64 bit. Hal lain adalah bahwa sebagian besar program yang didesain untuk versi 32-bit biasanya dapat berjalan di versi 64-bit, namun program yang didesain khusus untuk versi 64-bit tidak dapat berjalan pada versi 32-bit. Berbeda dengan program, driver yang didesain khusus untuk versi 32-bit tidak akan bekerja pada komputer yang menggunakan versi 64-bit, begitu pula sebaliknya.

Sumber :

http://lamno-style.blogspot.com/2012/09/perbedaan-sistem-operasi-64-bit-and-32.html